Blog

Tugas Belum Selesai Picu Zeigarnik Effect

Tugas yang Belum Selesai Bisa Picu Zeigarnik Effect – Ketika sudah memulai suatu tugas atau pekerjaan namun belum menyelesaikannya secara tuntas, pikiran kita kerap dihantui mengenai hal tersebut. Bahkan, pikiran itu tetap saja tidak hilang meskipun sudah beralih ke aktivitas lain. Yang telah kita rangkum dalam puchaseonline-prednisone.com

Contohnya, Anda baru saja memainkan sebuah game baru. Selalu kalah saat bermain, Anda berhenti memainkannya dan beralih ke aktivitas lain. Namun, ketika melakukan aktivitas lain, konsentrasi Anda terganggu dan terus memikirkan cara untuk bisa memenangkan game yang dimainkan tadi.Fenomena tersebut dikenal dengan istilah zeigarnik effect. Dalam beberapa kondisi, efek ini dapat memberi pengaruh positif. Namun, tidak jarang juga efek zeigarnik berpengaruh buruk pada orang yang mengalaminya.

Apa itu Zeigarnik Effect?

Zeigarnik Effect adalah fenomena psikologi yang membuat seseorang selalu teringat akan sesuatu yang belum diselesaikan. Pikiran tersebut kemudian mendorong mereka untuk menyelesaikan hal tersebut hingga benar-benar tuntas. Perlu dipahami bahwa fenomena ini bukan merupakan tanda suatu kelainan jiwa. Fenomena psikologi ini ditemukan oleh seorang psikiater asal Rusia, Bluma Wulfovna Zeigarnik pada tahun 1920 silam. Menurut beberapa penelitian, sejumlah faktor yang memicu kemunculan Efek Zeigarnik meliputi motivasi, ekspektasi akan hadiah maupun penghargaan, hingga dampak tugas atau pekerjaan tertentu yang sangat signifikan.Beberapa contoh penerapan Zeigarnik Effect dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

  • Teaser atau trailer film
  • Episode bersambung dalam film serial
  • Cerita yang terbagi ke dalam beberapa buku
  • Game dengan akhir cerita yang menggantung
  • Munculnya iklan pada adegan genting di sinetron
  • Tajuk berita yang menggoda orang untuk membaca
  • Iklan yang menarik perhatian orang untuk menelusuri lebih lanjut

Dampak Zeigarnik Effect terhadap kesehatan mental

Efek Zeigarnik bisa memberikan pengaruh negatif pada kesehatan mental orang yang mengalaminya. Ketika apa yang dimulai belum selesai secara tuntas, kondisi itu dapat menyebabkan pikiran intrusif.Pikiran intrusif adalah pikiran yang mengganggu dalam kepala. Hal tersebut berpotensi memengaruhi aktivitas Anda. Tak hanya itu, adanya pikiran ini juga bisa menyebabkan kecemasan, stres, dan menguras emosi. Bahkan, pada beberapa kasus, pikiran ini juga berkontribusi memicu perilaku maladaptif.Di sisi lain, Zeigarnik Effect dapat memberi dampak positif pada beberapa orang. Sejumlah pengaruh positif yang bisa diperoleh dari fenomena psikologi ini, antara lain:

  • Memotivasi untuk menyelesaikan tugas
  • Menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan
  • Mencegah stres yang bisa muncul karena kebiasaan prokrastinasi
  • Memberikan kepuasan ketika tugas dapat terselesaikan dengan baik
  • Meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri saat tugas berhasil diselesaikan

Perlu diingat, dampak Efek Zeigarnik pada masing-masing orang dapat berbeda. Jika efek ini mengganggu kondisi Anda secara mental, segeralah berkonsultasi dengan profesional untuk memperoleh penanganan.

Cara memanfaatkan Zeigarnik Effect secara positif

Zeigarnik Effect yang ditanggapi secara positif bisa memberi dampak baik bagi hidup. Sejumlah cara memanfaatkan fenomena psikologis ini secara positif yang dapat diterapkan, meliputi:

  • Belajar secara bertahap

Ketika hendak mengikuti ujian, beberapa orang seringkali menjejali diri mereka dengan materi tanpa istirahat. Hal itu dilakukan agar mereka dapat menyelesaikan ujian dengan baik. Sayangnya, tidak semua orang efektif dengan metode tersebut.Supaya lebih baik dalam mengingat, Anda bisa memanfaatkan Efek Zeigarnik. Caranya, belajarlah secara bertahap, kemudian sesekali beristirahat. Saat beristirahat, otak akan dengan sendirinya mengingat materi-materi tersebut. Dengan cara ini, daya ingat akan ikut meningkat dan Anda dapat menguasai materi ujian dengan baik.

  • Mulai pekerjaan yang harus diselesaikan

Banyak orang menunda pekerjaan karena malas untuk memulainya. Akibatnya tugas atau pekerjaan pun menjadi tidak terselesaikan.Efek Zeigarnik bisa membantu menghilangkan kebiasaan tersebut. Caranya, cobalah untuk memulai pekerjaan tersebut sesegera mungkin. Ketika Anda meninggalkannya dalam keadaan belum selesai, pikiran akan terus terganggu. Hasilnya, mau tidak mau Anda harus menyelesaikan pekerjaan tersebut sesegera mungkin.

Zeigarnik Effect adalah fenomena psikologi membuat seseorang selalu ingat terhadap sesuatu yang belum selesai atau diselesaikan. Fenomena ini dapat memberi dampak positif atau negatif bagi orang yang mengalaminya, tergantung cara mereka menanggapinya.Apabila Efek Zeigarnik mulai memberi pengaruh buruk terhadap kondisi kesehatan mental atau mengganggu aktivitas Anda, segera berkonsultasi dengan profesional. Jika dibiarkan,fenomena ini bisa menyebabkan stres dan gangguan kecemasan.
Jika artikel ini menarik jangan lewatkan juga artikel menarik lainnya yang sudah kita siapkan untuk kalian semua, semoga apa yang telah kita sajikan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua !