Blog

Tips Memilih Sepeda Balap Bagi Para Pemula

Tips Memilih Sepeda Balap Bagi Para Pemula – Sepeda balap menjadi salah satu jenis sepeda yang populer digunakan selain sepeda gunung. Bodinya yang ringan dan mampu dipacu hingga kecepatan tertentu menjadi faktor penting kenapa sepeda balap bisa menjadi pilihan yang populer.yang telah kita rangkum dalam puchaseonline-prednisone.com

Meskipun lebih banyak ditujukan untuk para pengguna profesional, sepeda balap pun bisa dipilih oleh para pemula. Berikut ini adalah lima tips yang harus kamu perhatikan saat memilih sepeda balap jika kamu adalah seorang pemula.

1. Pilih jenis sepeda balap yang sesuai kegunaan

tips memilih sepeda balap bagi para pemula-1 
Sumber foto: Pexels.

Sepeda balap pun memiliki beragam variasi yang disesuaikan dengan jenis penggunaannya. Mulai dari untuk ikut kompetisi triathlon sampai untuk pemakaian ringan sehari-hari. Harganya pun bergantung pada jenisnya, jika digunakan untuk kompetisi olahraga harganya akan semakin mahal.

Nah, buat para pemula bisa memilih sepeda balap yang penggunaannya untuk umum. Jenis frame yang digunakan biasanya lebih bersifat aerodinamis dan cenderung lebih kaku.

Kamu bisa memilih sepeda balap dengan merek Heist yang memiliki variasi sepeda balap dengan harga yang cukup terjangkau, tapi memiliki spesifikasi pemula yang mumpuni.

2. Perhatikan anggaran yang akan tersedia

tips memilih sepeda balap bagi para pemula-2 
Sumber foto: Pexels.

Mayoritas sepeda balap dibeli dengan cara dirancang sendiri. Artinya, sepeda ini dibeli mulai dari framewheelset, roda, stang, sampai seatpost-nya. Harga yang tersedia pun bermacam-macam. Misalnya, untuk rangka berbahan karbon memiliki harga yang tinggi.

Nah, buat para pemula daripada bingung harus memilih kombinasi di antara bagian-bagian tersebut lebih baik kamu membeli sepeda balap yang sudah jadi. Sepeda balap dengan merek United, Element, Toronto, dan yang lainnya bisa menjadi pilihan dengan rentang harga mulai Rp2 juta sampai Rp6 jutaan.

3. Pertimbangkan ukuran badan

tips memilih sepeda balap bagi para pemula-3 
Sumber foto: United Bikes.

Agar lebih nyaman menggunakan sepedanya, kamu sebaknya juga memperhatikan tinggi badan saat menentukan ukuran sepeda yang sesuai. Coba ukur tinggi badan dan panjang kaki agar bisa disesuaikan dengan ukuran rangka sepeda yang sesuai.

Jangan lupa juga perhatikan jarak antara seatpost dengan stang. Jarak antara keduanya harus cukup seimbang, jangan terlalu jauh dan jangan juga terlalu dekat. Selain itu, perhatikan juga jangkauan kaki saat mengayuh sepeda ke titik paling terbawah saat berada dalam posisi menduduki seatpost.

4. Ukuran ban

tips memilih sepeda balap bagi para pemula-4

Selain rangka, bagian yang paling bisa dibedakan dari sepeda balap adalah ukuran bannya. Ukuran ban sepeda balap biasanya adalah 700 x 23, sedangkan sepeda gunung biasanya memiliki ukuran antara 26 x 2.0 atau 26 inci x 2 inci.

Jika ban sepeda gunung menggunakan ukuran inci, ban sepeda balap memakai metriks ukuran milimeter. Ban sepeda balap sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu tubular dan clincher.

Tubular adalah jenis ban sepeda balap yang memiliki bobot lebih ringan dan memiliki hambatan yang paling rendah. Untuk menggunakannya, kamu juga harus menggunakan pelek bertipe tubular. Ban jenis ini biasanya digunakan oleh para profesional.

Bagi para pemula sebaiknya memilih ban dengan tipe clincher yang memiliki bobot lebih berat dari tubular dan menggunakan ban dalam.

5. Perlengkapan tambahan lainnya

tips memilih sepeda balap bagi para pemula-5 
Sumber foto: Pexels.

Saat memilih sepeda balap, kamu juga harus mempersiapkan untuk membeli perlengkapan tambahan lainnya. Perlengkapan ini akan membuat kamu merasa lebih aman dan nyaman saat bersepeda.

Beberapa perlengkapan yang perlu diperhatikan adalah helm, sarung tangan, kunci sepeda, hingga lampu sepeda.jika artikel ini menarik jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang sudah kita siapkan untuk anda !