Blog

Dilakukan Saat Anak Melakukan Perjalanan

Persiapan Wajib Dilakukan Anak Melakukan Perjalanan – Mengajak si kecil bepergian ke negara lain tentu menjadi impian liburan Ibu bukan? Namun, menempuh penerbangan panjang bersama balita bisa menjadi tantangan tersendiri buat Ibu. Si kecil bisa saja rewel selama di perjalanan jika ia merasa tidak nyaman. Ibu pun harus siap dengan ‘senjata’ untuk menenangkan si kecil agar ia betah di pesawat. Berikut 5 barang yang bisa memberikan kenyamanan bagi si kecil selama berada di pesawat. Yang telah kita rangkum dalam purchaseonline-prednisone.com

1. Pakaian hangat wajib dipakai saat di pesawat

Jaket dan topi jadi pakaian hangat anak selama di pesawat. (Foto : Pexels) 
Jaket dan topi jadi pakaian hangat anak selama di pesawat. (Foto : Pexels)

Ketika berada di pesawat suhu udara bisa jadi lebih dingin dari sebelumnya. Ibu bisa memakaikan si kecil jaket agar ia bisa dengan nyaman duduk di kursinya. Pilihlah jaket yang tidak terlalu berat agar ia tetap bisa bergerak bebas. Selain itu, ibu juga bisa memakaikannya kaus kaki dan juga topi hangat. Jika si kecil masih menggunakan popok, tidak lupa juga ibu membawa popok cadangan di dalam tas yang berada di kabin agar mudah menggantinya jika ia pup.

Ibu juga bisa melengkapi si kecil dengan selimut agar ketika ia tidur dia bisa tetap hangat. Beberapa maskapai menyediakan, namun agar si kecil lebih nyaman tidak ada salahnya ibu berjaga-jaga dengan membawa selimut yang tidak terlalu berat.

2. Hiburan agar anak tidak bosan

Mewaranai bisa menjadi hiburan bagi si kecil di pesawat (Foto: Shutterstock) 
Mewaranai bisa menjadi hiburan bagi si kecil di pesawat (Foto: Shutterstock)

Penerbangan panjang bisa membuat si kecil merasa bosan. Ibu bisa membawa mainan seperti boneka ataupun mobil-mobilan kesayangannya untuk menemaninya bermain. Selain itu, ibu juga bisa membawa buku dan pensil warna yang bisa ia gunakan selama penerbangan. Bila si kecil senang dibacakan buku, ibu bisa membawa buku cerita yang bisa dibacakan untuknya. Jangan lupa juga untuk membawa mainan lebih dari 1 ya bu, karena waktu penerbangan yang panjang bisa jadi membuat si kecil bosan dengan 1 mainan saja. Gadget juga bisa menjadi hiburan bagi balita Ibu.

Walaupun beberapa ibu anti memberikan gadget pada balita. Namun kadang gadget bisa menjadi ‘senjata’ ampuh agar si kecil tidak rewel. Beberapa maskapai menyediakan layar TV di tiap kursi, ibu bisa memutarkan video musik dan film yang sesuai dengan umurnya agar si kecil merasa nyaman.

3. Makanan dan susu jadi amunisi penting saat lapar

Makanan menjadi amunisi ampuh karena seringnya si kecil rewel ketika lapar. Memang maskapai dengan durasi penerbangan panjang menyediakan makanan berat maupun cemilan selama penerbangan. Tetapi tidak ada salahnya ibu menyiapkan makanan dan cemilan kesukaannya. Jika si kecil sudah bisa makan sendiri, ibu bisa menyiapkan makanannya di wadah yang bisa ia pegang sendiri agar ia anteng menyantap cemilannya selama penerbangan. Selain makanan, susu bisa diberikan kepada si kecil ketika ia lapar saat penerbangan. Jika ia masih ASI, ibu bisa menyusuinya langsung atau membawa ASIP untuk membuatnya tenang. Ketika si kecil kenyang, biasanya si kecil lebih tenang bukan?

4. Selalu sedia obat-obatan

Obat penurun panas juga harus siap sedia ya Ibu. (Foto: Shutterstock) 
Obat penurun panas juga harus siap sedia ya Ibu. (Foto: Shutterstock)

Untuk penerbangan panjang jangan lupa ibu bersiap dengan membawa obat-obatan ya. Karena balita rentan akan mabuk perjalanan dan jika muntah bisa membuat balita uring-uringan. Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu obat apa yang bisa ibu bawa sebelum berangkat ya. Jangan lupa juga ibu membawa obat untuk kondisi darurat seperti obat demam, obat diare dan demam ya.