Blog

Tips Untuk Mengembangkan Fashion Blogger Agar Berhasil

Tips Untuk Mengembangkan Fashion Blogger Agar Berhasil

Tips Untuk Mengembangkan Fashion Blogger Agar Berhasil – Sebutan blogger dan influencer sudah pasti akrab di telinga Anda. Industri fashion tidak lagi hanya diwarnai oleh sosok editor majalah dan surat kabar – front row peragaan busana sekarang juga dimeriahkan oleh kehadiran stylist, selebriti, dan juga wajah-wajah pendatang baru seperti fashion blogger dan influencer.

Walaupun dunia maya memiliki informasi tak terbatas, tidak banyak yang menguraikan secara jelas perbedaan antara masing-masing peran di industri mode beserta definisi jelasnya. Seperti yang mungkin pernah Anda baca di sejumlah berita, kedatangan pemain baru seperti blogger dan influencer di lapangan fashion telah melahirkan ketegangan tersendiri di industri tersebut. Fashion blogger adalah salah satu profesi idaman sebagian besar cewek pecinta mode.

Menjadi fashion blogger tak hanya sekedar menampilkan gayamu dalam bentuk visual foto, tapi juga dalam bentuk tulisan idn poker mobile yang enak dibaca dan berkualitas. Berkat berkembang pesatnya media sosial, kini para fashion blogger makin memiliki banyak tautan untuk memperluas jaringan pembaca blognya. Banyak nama-nama besar yang menginspirasi para cewek untuk mulai terjun ke dunia blogging mode ini.

1. Menentukan topik spesifik yang ingin kamu angkat
Untuk Pemula, Ini 7 Tips Konkrit Menjadi Fashion Blogger Sukses

Jika kamu baru meniti tahap pertama sebagai fashion blogger, maka menentukan topik spesifik dapat membantumu untuk lebih fokus pada penyampaian perspektif. Topiknya bisa kamu fokuskan pada sepatu, topi, tas tangan, atau bahkan cara bergaya dengan budget hemat.

Nah, bersamaan dengan berkembangnya blog, secara bertahap kamu bisa mulai memperluas cakupan topik untuk memperkaya isi blogmu. Sekaligus memberikan perspektif baru kepada para pembaca mengenai gayamu.

2. Jangan lupa untuk selalu memvisualisasikan gayamu melalui foto
Untuk Pemula, Ini 7 Tips Konkrit Menjadi Fashion Blogger Sukses

Visual merupakan salah satu poin penting dalam dunia fashion blogging. Sejelas-jelasnya kamu membeberkan sebuah mode melalui tulisanmu, akan lebih memuaskan apabila ulasanmu dilengkapi dengan foto yang bagus. Dengan begitu mereka akan mudah menangkap inti yang kamu maksud.

Oleh karena itu, mempelajari dasar-dasar foto yang kece itu sangat diperlukan. Setidaknya kamu tahu kunci penting dalam mengedit foto sehingga membuat blogmu terlihat lebih profesional dan tidak main-main.

3. Mempertimbangkan sudut pandang pembaca ketika menulis blog
Untuk Pemula, Ini 7 Tips Konkrit Menjadi Fashion Blogger Sukses

Pembaca adalah fokus dari blogmu. Jadi, sebisa mungkin fokuslah pada topik yang sudah kamu susun dan juga segmen audiens yang ingin kamu sasar dengan padu-padan gayamu. Blogmu bukanlah tentang dirimu, tapi tentang pembacamu.

Jadi, kembali ke poin nomor pertama. Pilihlah topik spesifikmu secara hati-hati.

4. Menggandeng merek untuk difitur dalam blogmu
Untuk Pemula, Ini 7 Tips Konkrit Menjadi Fashion Blogger Sukses

Kalau yang ini memang susah-susah gampang. Bekerja sama dengan merek setidaknya pembaca akan menilai bahwa blogmu memiliki kredibilitas dan profesionalitas. Dikarenakan menyasar merek-merek besar itu butuh waktu lama, kamu bisa mencoba mendekati merek kecil atau lokal.

Nah, disini kamu perlahan-lahan akan merasakan pengalaman berbisnis, menggodok ide dengan orang lain, menerima saran dan kritik, serta mulai mengembangkan online presence.

5. Memanfaatkan media sosial agar blogmu dilirik oleh banyak orang
Untuk Pemula, Ini 7 Tips Konkrit Menjadi Fashion Blogger Sukses

Jangan bergantung sepenuhnya pada blog untuk bisa dilirik oleh orang lain. Kini media sosial menjadi senjata ampuh untuk menarik perhatian massa. Jadi jangan lupa untuk memanfaatkan semua medsos mulai Instagram hingga YouTube untuk mempromosikan blogmu.

Ada banyak nama besar fashion blogger yang kini telah memiliki berjuta-juta pengikut dan berhasil dilirik oleh merek-merek besar untuk diajak bekerja sama. Usahakan untuk selalu up-to-date agar jumlah pembacamu meningkat.

6. Mengedepankan kualitas itu penting sekali
Untuk Pemula, Ini 7 Tips Konkrit Menjadi Fashion Blogger Sukses

Ingat, orang-orang tak akan tertarik dengan blogmu apabila kamu sendiri tak menyediakan konten yang berkualitas. Usahakan idemu tetap segar dan tersampaikan dengan pemikiran matang.

Tak lupa, perhatikan pula cara penulisanmu dan selalu lengkapi dengan foto yang berkualitas bagus. Jika kamu menyediakan video, maka persiapkan dengan matang konsep video, editing, sudut kamera, hingga kualitas suara.

7. Jadilah fashion-blogger yang otentik
Untuk Pemula, Ini 7 Tips Konkrit Menjadi Fashion Blogger Sukses

Pertahankan jati dirimu sebagai fashion blogger yang “otentik”. Meskipun kamu telah menciptakan gaya khas selama blogging, tak ada salahnya untuk melakukan evolusi terhadap gayamu jika kamu bosan atau butuh sesuatu yang baru dan menyegarkan.

Fashion blogger dengan gaya khas selalu membuat pembaca berekspektasi sama mengenai modenya. Maka dari itu, jika kamu berniat beralih haluan gaya, jelaskan secara jujur kepada penggemarmu.

Cara termudah untuk menggambarkan seorang blogger adalah lewat situs mereka. Sebagian besar blogger memiliki content berbasis foto seperti milik Tommy Ton atau The Sartorialist. Ada pula yang menggabungkannya dengan tulisan feature, seperti Susannah Lau dengan blog-nya Style Bubble, atau Chiara Ferragni dengan blog berjudul The Blonde Salad.

Ketika istilah blogger pertama kali muncul pada satu dekade lalu, momen ini menjadi sebuah tonggak sejarah akan lahirnya demokrasi dalam fashion. Fashion blogger dicintai karena memiliki sudut pandang berbeda, cita rasa fashion personal, dan cara unik dalam menyajikan serta mendokumentasikan mode – baik secara visual maupun tulisan.

Itu dia tips untuk kalian fashion blogger yang masih pemula. Ingat, semuanya butuh kesabaran dan kegigihan untuk mencapai keberhasilan, jadi jangan mudah patah semangat ya.

Tagged , , ,