Blog

Rencanakan Traveling Kamu

Rencanakan Traveling Kamu dengan Google Maps – Traveling bersama teman-teman merupakan suatu aktivitas yang sangat menyenangkan. Namun, pernahkah kamu menjumpai kejadian-kejadian yang tak terduga? Terkena macet, kehabisan bensin, hingga tersesat; semua hal itu mungkin akan kamu alami. Untuk mengantisipasi supaya kamu tidak mengalami itu semua, gunakan Google Maps ketika merencanakan perjalanan jauh. yang telah kita rangkum dalam puchaseonline-prednisone.com

Google Maps hadir dalam smartphone kamu untuk mempermudah kamu merencanakan traveling atau perjalanan jauh. Aplikasi pemetaan tersebut bisa membantumu memprediksi kondisi lalu lintas serta mengatasi sejumlah masalah seperti kesulitan mencari restoran, pom bensin, atau kantor polisi.

Bagaimana caranya? Ini dia sejumlah hal yang dapat kamu lakukan dengan Google Maps, terutama ketika ingin merencanakan perjalanan liburan.

Gali informasi sebanyak-banyaknya

Rencanakan Traveling Kamu dengan Google Maps 
Gali informasi sebanyak-banyaknya (Foto: Pexels)  

Banyak hal yang bisa kamu lakukan sebelum pergi liburan, salah satunya adalah merencanakan segala sesuatu dengan baik. Nah, di sini kita akan melihat arti penting Google Maps bagi orang yang sedang plesiran.

Selain untuk menunjuk arah, Google Maps bisa kamu gunakan untuk menggali informasi tentang berbagai tempat yang akan kamu lewati. Kamu dapat mencari tahu kepadatan lalu lintas, lokasi tempat-tempat umum, jam operasional bank, kisaran harga sebuah restoran, waktu tempuh dari penginapan ke lokasi wisata, dan masih banyak lagi.

Berbagai informasi yang disediakan Google Maps akan membantumu untuk mencari rute perjalanan yang pas, serta tempat-tempat yang ingin dikunjungi selama liburan.

Tentukan rute perjalanan

Rencanakan Traveling Kamu dengan Google Maps 
Tentukan rute perjalanan (Foto: Pexels)  

Google Maps akan memberi kemudahan untuk menentukan rute perjalanan. Kamu tak perlu lagi menentukan rute setiap akan mulai berangkat dari satu lokasi ke lokasi lain. Kita bisa menentukan beberapa titik perhentian sekaligus.

Kalau sudah menentukan tujuan, kamu tinggal menyelipkan sejumlah restoran, tempat ibadah, atau rest area, ke dalam rute perjalanan kamu. Maksudnya supaya kamu bisa mampir dulu ke sejumlah tempat menarik sebelum akhirnya sampai ke tujuan. Dengan kemudahan tersebut, kamu bisa merencanakan perjalananmu dengan lebih baik.

Untuk menentukan rute perjalanan, kamu hanya harus memasukkan tempat perhentian yang diinginkan di Google Maps, lalu tekan direction. Setelah itu, kamu harus memilih titik start dan pilih jenis rute berdasarkan moda transportasi. Untuk menambahkan rute, tap ikon tiga titik di kanan atas dan pilih tambahkan rute.

Kamu juga dapat membuat Google Maps untuk menghindari jalan tol atau jalan besar. Cara mengaktifkan fitur tersebut hampir sama ketika menentukan rute perjalanan. Dalam menu direction setelah kamu selesai menentukan rute, tekan tiga titik di sebelah kanan atas kemudian pilih route options.

Terakhir, kamu bisa memilih avoid toll dan avoid highway. Kamu juga bisa menentukan rute perjalanan berdasarkan kriteria spesifik, seperti misalnya: menghindari jalan yang hanya boleh dilalui plat nomor ganjil atau genap.

Simpan Maps untuk penggunaan offline

Rencanakan Traveling Kamu dengan Google Maps 
Simpan Maps untuk penggunaan offline (Foto: Thinkur)  

Ketika berada dalam perjalanan, kamu mungkin akan melewati area tanpa akses internet yang cukup baik. Selain itu, mungkin saja smartphone kamu termasuk dalam kategori ponsel yang cepat kehabisan baterai.

Untung saja sekarang kamu dapat mengakses Google Maps secara offline. Dengan menyimpan maps secara offline, kamu bisa merencanakan perjalanan dengan lebih baik di tempat tujuan. Kamu bisa menyimpan peta offline di perangkat smartphone, kemudian membukanya di tempat tujuan. Dengan begitu kamu akan lebih siap ketika melakukan perjalanan jauh.

Ada 3 prosedur yang harus kamu lakukan sebelum bisa menggunakan Google Maps offlinePertama, kamu harus mengunduh peta berdasar daerah yang ingin kamu kunjungi.

Kedua, Google Maps akan memberi informasi berapa banyak kapasitas penyimpanan internal yang akan dipakai untuk menyimpan peta. Ketiga, kamu tidak perlu cemas dengan koneksi internet, sebab peta yang sudah diunduh bisa diakses secara offline.

Bagikan lokasi

Rencanakan Traveling Kamu dengan Google Maps 
Bagikan lokasi (Foto: Pixabay)  

Kabarkan lokasi terkini kepada keluarga maupun teman lewat Google Maps. Dalam situasi tertentu, hal tersebut jadi penting. Sebagai contoh ketika kamu melakukan traveling ke luar kota dan kebetulan ada saudaramu yang tinggal di sana, kamu bisa membagikan lokasi terkini dan mengajak saudaramu berjumpa.

Berbagai lokasi lewat Google Maps cukup mudah. Tap menu di sebelah kiri aplikasi Google Maps lalu pilih share location. Setelah itu, pilih orang-orang yang ingin kamu bagi lokasi terkini. Kamu juga bisa memilih seberapa lama kamu membagi lokasi. Jika melebihi waktu yang telah diatur, mereka sudah tidak bisa mengetahui lokasi terkini.

Persiapan dan perencanaan yang matang sebelum perjalanan akan membuatmu semakin tenang dalam perjalanan. Kamu juga dapat meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Jangan lupa berdoa dan semoga selamat sampai tujuan!