Blog

NAMA-Nama alat berkembun Di Indonesia

NAMA-Nama alat berkembun Di Indonesia. Pada masa pandemi seperti sekarang, aktivitas berkebun di halaman rumah menjadi salah satu kegiatan populer dan mengasyikan untuk mengisi waktu luang. Tak perlu memiliki keahlian khusus, aktivitas berkebun dapat dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. yang telah kita rangkum dalam purchaseonline-prednisone.com

Berkebun dapat membuat halaman rumah lebih indah dan asri. Semua ukuran tanaman bisa kamu ukur sesuai dengan luas pekarangan rumahmu. Usahakan tidak terlalu besar dan tidak terlalu berhimpitan. Tak hanya tanaman, kamu juga bisa menanam berbagai macam sayuran dengan mudah menggunakan polybag.

Untuk memudahkan aktivitas berkebun, diperlukan peralatan khusus untuk merawat tanaman yang ada di halaman rumah. Mulai dari menanam tanaman, penyiraman tanaman, hingga penjagaan tanaman dari hama semuanya memakai alat kebun khusus yang praktis.

Nama-Nama Alat Berkebun dan Fungsinya

Perawatan tanaman yang ada di kebun dibutuhkan untuk menjaga tanamanmu tetap terawat dan cantik. Dengan alat berkebun, kamu bisa membersihkan daun-daun kering, hingga hama yang mengganggu tanaman.

Banyaknya alat-alat berkebun seringkali membuat kita bingung apa nama dan fungsi dari alat tersebut. Untuk membantumu berkebun di rumah, simak penjelasan berikut ini.

1. Sarung Tangan

Sarung Tangan
Sumber Gambar: Pixabay

Alat pertama yang wajib dipakai saat berkebun adalah sarung tangan. Pilihlah sarung tangan elastis berbahan nilon, kulit, atau serat bambu agar tangan tetap bersih dan kering.

Sarung tangan akan melindungimu dari duri-duri tanaman, kotoran yang masuk ke kuku, dan bakteri yang ada pada kotoran di tanaman.

2. Sekop 

Sekop
Sumber Gambar: Pixabay

Setelah membeli tanaman baru, kamu perlu memindahkannya ke dalam tanah yang gembur atau sebuah pot. Gunakan sekop untuk menggali tanah atau media tanam lain dan tutup kembali setelah berhasil dipindahkan.

Sekop memiliki bagian tajam pada ujungnya yang memudahkanmu untuk mencongkel tanah yang padat. Pilihlah sekop berbahan stainless steel yang kuat agar mudah digunakan.

3. Selang Air

Selang Air
Sumber Gambar: Pixabay

Saat memilih untuk berkebun, tentunya kamu perlu menyiram tanaman secara rutin agar tetap hidup dan berkembang. Kamu membutuhkan selang air untuk menjangkau seluruh tanaman yang ada di kebun.

Gunakan air dengan ukuran yang panjang agar semua tanaman dapat tersiram merata dan tumbuh sehat. Tak lupa, ujung selang harus memiliki semprotan khusus agar air dapat mengalir lebih deras.

4. Cangkul

Cangkul
Sumber Gambar: Pexels

Hampir mirip dengan sekop, cangkul juga digunakan untuk menggali tanah lalu menutupnya dengan tanaman yang baru kamu beli. Namun, cangkul memiliki perbedaan dengan sekop Toppers. Cangkul biasanya dipakai menggali tanah yang dalam untuk menanam tanaman ukuran yang lebih besar.

5. Alat Penyiram Tanaman

Alat Penyiram Tanaman
Sumber Gambar: Pixabay

Jika selang air digunakan di dalam kebun yang luas agar semua tanaman bisa dijangkau, kamu juga bisa memakai alat penyiram tanaman untuk menyiram kebun depan rumahmu. Alat ini terbilang cukup sederhana karena kamu cukup mengisi penyiram dengan air lalu berkeliling ke tanaman yang akan disiram.

Bentuknya yang seperti cerek air memiliki berbagai macam ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

6. Garpu Taman

Garpu Taman
Sumber Gambar: Pixabay

Biasanya kita mengenal garpu sebagai alat makan sehari-hari. Namun, kamu perlu mengetahui bahwa ada alat berkebun yang dinamakan garpu taman, Toppers. Alat yang berbentuk garpu makan ini biasa dipakai untuk mengumpulkan daun-daun kering.

Ukuran garpu taman relatif banyak, untuk garpu berukuran kecil biasanya digunakan untuk menggali pot kecil dan meratakan tanah sedangkan garpu berukuran besar digunakan untuk mengambil sampah dan daun.

7. Gunting Tanaman

Gunting Tanaman
Sumber Gambar: Pixabay

Gunting taman atau pemotong rumput juga sangat dibutuhkan ketika kamu berkebun. Gunting taman berfungsi untuk meratakan ranting tanaman yang berantakan dan juga membuang bagian daun yang membusuk. Bentuk gunting taman biasanya berukuran besar, berbentuk melengkung, dan tentunya kuat untuk memotong segala jenis daun yang ada.

8. Alat Semprot Anti Hama

Alat Semprot Anti Hama
Sumber Gambar: Pexels

Berkebun merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Tanaman yang tumbuh sehat dan segar menjadi kesenangan tersendiri saat melihatnya. Namun, hadirnya hama tanaman cukup mengganggu kesuburan tanaman yang sedang dirawat. Hama dapat menyebabkan tanaman layu dan mati.

Kamu membutuhkan alat semprot anti hama untuk memberikan proteksi pada tanaman-tanamanmu. Jangan lupa untuk bersihkan tanaman dan tambahkan pupuk agar semakin subur.

9. Pot Tanaman

Pot Tanaman
Sumber Gambar: Pixabay

Untuk kamu yang memiliki lahan terbatas dan ingin berkebun di rumah, penggunaan pot bisa menjadi solusi untuk berkebun dengan pemilihan pot yang tepat. Pilih pot yang dilengkapi lunag drainase untuk membuatnya tetap hidup dan sehat. Isi tanah pot dengan menutupi ⅓ pot dan masukkan tanaman kesayanganmu.

Kamu bisa menyusun tanaman menggunakan rak dan menanam beraneka ragam tanaman tanpa mengeluarkan biaya yang cukup besar dalam penyimpanannya.

Selain praktis, tanaman yang disimpan ke dalam polybag mudah untuk dipindahkan.Bagaimana Toppers, apakah kamu sudah siap untuk berkebun? Setelah mengetahui nama-nama alat berkebun dan fungsinya, kini kamu bisa merawat tanaman atau sayuran agar tetap segar dan sehat.