Uncategorized

Inilah Tips Agar Kamu dapat Mengontrol Nafsu Makan

Inilah Tips Agar Kamu dapat Mengontrol Nafsu Makan

Inilah Tips Agar Kamu dapat Mengontrol Nafsu MakanNafsu makan atau appetite merupakan keinginan Anda untuk makan. Adanya keinginan ini membuat Anda makan untuk memberikan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.Apa niat dietmu sering berakhir gagal karena rasa lapar yang datang tanpa bisa kamu kendalikan.

Sehingga, nafsu makan yang terjaga baik untuk Anda dan kesehatan Anda. Nafsu makan biasanya akan muncul saat Anda lapar. Apa kamu ingin menurunkan berat badan tanpa harus merasa sangat lapar? Apa kamu merasa bahwa diet adalah suatu hal yang tidak mungkin bisa kamu lakukan?

Tenang, ternyata diet gak sesusah itu, Dikutip dari IDNPlay Domino777 kok. Kamu tetap bisa menurunkan berat badan dengan selalu merasa kenyang. Bagaimana caranya? Yuk, simak artikel berikut!

1. Konsumsi air mineral sebelum makan
5 Cara Kontrol Nafsu Makan, supaya Dietmu Gak Berakhir Sia-sia

Sebuah penelitian dalam European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa orang yang meminum air mineral sebanyak 568 mililiter beberapa saat sebelum makan hanya mengonsumsi makanan sekitar 1967 kJ. Sementara itu, orang yang tidak meminum air sama sekali, akhirnya mengonsumsi sekitar 2551 kJ.

Dari data di atas, terbukti bahwa minum air bisa mengurangi asupan kalori saat makan. Hal ini bisa memperlancar proses dietmu,  karena air menimbulkan ilusi rasa kenyang yang sama dengan porsi makan yang lebih sedikit. Selain itu, pastikan dirimu tidak mengalami dehidrasi, agar tubuhmu tidak “panik” dan mengirim sinyal lapar palsu yang berpotensi merusak kelangsungan dietmu.

2. Konsumsi protein dan lemak sesuai kebutuhan
5 Cara Kontrol Nafsu Makan, supaya Dietmu Gak Berakhir Sia-sia

Dengan menjaga keseimbangan protein yang masuk ke tubuhmu, kamu bisa lebih mudah mengontrol nafsu makan. Sebab, zat tersebut membuat metabolisme tubuhmu akan bekerja lebih optimal.

Hasil penelitian yang dimuat dalam PubMed Central membuktikan bahwa orang-orang yang sarapan dengan telur (yang jelas mengandung protein dan lemak) mengalami penurunan berat badan 65 persen lebih banyak daripada mereka yang sarapan dengan roti. Padahal keduanya sama-sama melakukan defisit kalori menjadi 1000 kkal.

Subjek penelitian yang sarapan dengan telur mengalami rasa kenyang yang lebih besar, sehingga mereka mengurangi asupan makan siang. Itulah efek dari konsumsi protein dan lemak yang seimbang.

3. Jangan makan terburu-buru
5 Cara Kontrol Nafsu Makan, supaya Dietmu Gak Berakhir Sia-sia

Dilansir Healthline, orang yang makan terburu-buru akan mengonsumsi 10 persen lebih banyak kalori dengan rasa kenyang yang jauh lebih sedikit daripada orang yang makan secara perlahan. Kenapa demikian?

Makan secara perlahan ternyata dapat memberi lebih banyak waktu pada otak dan tubuhmu untuk melepaskan “hormon antilapar” dan menyampaikan “sinyal kenyang”. Itulah kenapa, makan terburu-buru berpotensi merusak keberhasilan proses tersebut.

4. Perhatikan kualitas tidur
5 Cara Kontrol Nafsu Makan, supaya Dietmu Gak Berakhir Sia-sia

Orang dewasa membutuhkan tidur sekitar 7-9 jam per hari agar tetap sehat dan memiliki cukup energi untuk menjalani aktivitas lagi. Bukan hanya itu, tidur yang cukup juga bisa membantu proses penurunan berat badan.

Studi yang tercantum di Healthline menunjukkan bahwa seseorang yang waktu tidurnya tidak tercukupi memiliki nafsu makan yang lebih besar dan cenderung ingin mengonsumsi lebih banyak kalori. Akibatnya, akan terjadi peningkatan kadar ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan. Sementara itu kadar leptin, hormon yang menekan nafsu makan akan menurun.

Tidak hanya perihal durasi, kualitas tidur juga penting untuk diperhatikan. Pastikan kamu tidur dengan pencahayaan yang rendah untuk memperlancar proses metabolisme tubuh.

5. Rutin berolahraga
5 Cara Kontrol Nafsu Makan, supaya Dietmu Gak Berakhir Sia-sia

Olahraga memiliki banyak dampak positif. Dilansir Healthline, olahraga dapat mengurangi aktivitas otak terkait dengan mengidam makanan. Aktivitas ini juga berpotensi mengurangi kadar hormon rasa lapar, sehingga keinginan untuk makan menjadi lebih rendah.

 

Tagged , , ,