Blog

Deretan Profesi yang Mengutamakan Kemampuan Dalam Menulis

Deretan Profesi yang Mengutamakan Kemampuan Dalam Menulis

Deretan Profesi yang Mengutamakan Kemampuan Dalam Menulis – Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Menulis biasa dilakukan pada media kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil. Pada awal sejarahnya, menulis dilakukan dengan menggunakan gambar, contohnya tulisan hieroglif (hieroglyph) pada zaman Mesir Kuno.

Tulisan dengan aksara muncul sekitar 5.000 tahun lalu. Banyak orang dari Sumeria (Irak) menciptakan tanda-tanda pada tanah liat. Tanda-tanda tersebut mewakili bunyi, berbeda dengan huruf-huruf hieroglif yang mewakili kata-kata atau benda. Kegiatan menulis berkembang pesat sejak diciptakannya teknik percetakan, yang menyebabkan orang makin giat menulis karena karya mereka mudah diterbitkan.

Menulis tidak selalu tentang curhat atau menjadi sebatas hobi saja, lho. Di era digital saat ini, ternyata semakin banyak profesi yang mengutamakan kemampuan menulis yang handal. Deretan profesi di bawah ini sangat mengutamakan IDN Poker 777 kemampuan menulis yang baik. Tidak jarang posisinya menjadi rebutan penulis masa kini. Jadi, jangan sia-siakan hobimu itu dan segera cari tahu profesi yang bisa kamu coba disini.

1. Content writer
5 Profesi Menjanjikan Penulis Kekinian, Tulisan Jadi Cuan

Content writer adalah mereka yang bertugas menulis dan mempublikasikan konten tertentu di media sosial atau platform digital perusahaan. Sebagai profesi yang mengutamakan tulisan, tentunya dibutuhkan penulis dengan kemampuan menulis yang baik.

Menyiasati perkembangan digital yang sangat cepat, kamu tidak selalu membutuhkan laptop untuk menulis, tapi kamu juga bisa menggunakannya dengan smartphone.

2. Copywriter
5 Profesi Menjanjikan Penulis Kekinian, Tulisan Jadi Cuan

Berbeda dengan content writercopywriter betugas membuat iklan produk berbasis tulisan. Mereka dituntut berpikir kreatif dan out of the box. Tujuannya adalah agar membuat produk yang diiklankan semakin menarik.

Sudah pasti profesi ini sangat mengutamakan kemampuan menulis yang baik, selain itu gaya tulisannya pun sedikit berbeda dengan tulisan pada umumnya. Sebab, tulisan jenis copywriting membutuhkan sentuhan marketing yang tidak sembarang orang bisa menuliskannya. Menarik bukan, tertarik untuk coba?

3. Social media admin
5 Profesi Menjanjikan Penulis Kekinian, Tulisan Jadi Cuan

Dalam era yang serba cepat dan praktis, di mana semua orang dapat mendapatkan segalanya melalui konten yang tertera di situs aplikasi. Makanya, tidak heran jika jenis profesi satu ini sedang banyak dibutuhkan.

Kemampuan menulis yang dibutuhkan adalah untuk keperluan menulis caption yang menarik untuk mendeskripsikan serta mempromosikan produk yang bersangkutan.

4. Reporter berita
5 Profesi Menjanjikan Penulis Kekinian, Tulisan Jadi Cuan

Sudah semestinya seorang reporter berita dituntut untuk punya kemampuan menulis yang baik. Karena mereka harus melaporkan informasi yang didapat melalui tulisan atau berita yang akan dipublikasikan di internet.

Tentunya gaya tulisan ini pun berbeda dengan tulisan umum. Sesuai namanya, tulisan ini berbentuk berita yang ditulis dengan gaya langsung tanpa basa-basi. Jadi, pastikan kamu menguasai ilmu yang satu ini jika kamu tertarik melamar.

5. Penulis buku dan skenario film
5 Profesi Menjanjikan Penulis Kekinian, Tulisan Jadi Cuan

Kalau kamu hobi menulis dengan alur panjang yang penuh drama, mungkin jenis profesi satu ini akan cocok untuk kamu. Gaya penulisan santai namun bermakna dibutuhkan dalam profesi satu ini.

Tentunya profesi ini juga sedang banyak diminati oleh penulis. Tidak heran, jika banyak buku-buku keren yang bertangkring di jajaran toko buku. Apalagi, yang berhasil diadaptasi ke dalam film-film nasional. Keren, kan?

Seiring dengan perkembangan teknologi dan media, kegiatan menulis juga ikut berkembang pesat di dunia. Melalui media elektronik, setiap orang dapat memperoleh bahan penulisan dari internet; sehingga penulis lebih efisien waktu, biaya, dan tenaga. Saat ini penulis juga bisa berbagi semua tulisannya di manapun ia berada dengan menggunakan teknologi berbasis internet. Begitu juga dengan para pembaca, akan lebih mudah untuk melihat tulisan-tulisan penulis yang digemarinya.

Tagged , , , ,