Blog

Cara Mendeteksi Emas Asli atau Palsu

Cara Mendeteksi Emas Asli atau Palsu . mengetahui cara mendeteksi emas asli atau emas palsu adalah yang yang sangat penting apalagi badi Anda yang ingin berinvestasi dalam bentuk emas atau sekedar menerpkannya sebagai perhiasan . Jangan Sampai logam yang anda miliki ternyata imitasi alis palsu jika anda igin mencoba mengeceknya berikut ini adalah sejumlah metode pengujian yang dapat Anda coba lakukan: yang telah kita rangkum dalam purchaseionline-prednisone.com

1. Perhatikan Ciri-ciri Fisik

Cara mendeteksi emas asli atau emas palsu paling mudah adalah dengan melihat ciri-ciri fisiknya. Amati tanda-tanda khusus yang merupakan ciri emas murni. Biasanya pada logam mulia atau perhiasan, terdapat tanda yang menandakan kadar emas, misalnya dalam bentuk fineness (1-999 atau 1-0.999), atau dalam bentuk karat (10K, 14K, 18K, 22K, dan 24K). Namun, tidak semua emas memiliki tanda khusus ini, terutama untuk jenis emas model lama.

2. Uji dengan Magnet

Cara ini menggunakan sebuah magnet kuat untuk pengujian. Jika logam emas Anda menempel pada magnet, bisa dipastikan bahwa emas tersebut palsu. Namun, uji coba dengan menggunakan magnet ini bukan jaminan, karena banyak bahan logam non-magnetik lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan logam emas palsu.

3. Goreskan pada Keramik atau Kertas

Metode selanjutnya adalah dengan menggunakan media keramik polos atau bisa juga menggunakan kertas. Caranya, goreskan emas ke permukaan keramik secara hati-hati. Jika timbul goresan hitam pada keramik, kemungkinan emas tersebut adalah palsu, tetapi jika tidak, kemungkinan besar emas tersebut adalah asli.