Blog

Buah yang Mengandung Vitamin C

Buah yang Mengandung Vitamin C – Vitamin C merupakan vitamin yang dapat larut dalam air yang ditemukan di banyak makanan, terutama buah-buahan. Vitamin ini terkenal sebagai antioksidan yang kuat, memiliki efek positif pada kesehatan kulit, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. yang telah kita rangkum dalam puchaseonline

Karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi atau menyimpan vitamin C, sangatlah penting bagi kita untuk mengonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang cukup guna mendukung kesehatan tubuh.

 

Kebutuhan Vitamin C per Hari

Agar kebutuhan vitamin C harian kamu terpenuhi, kamu perlu mengikuti standar yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia dalam Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013.

Berikut ini nilai kebutuhan vitamin C yang direkomendasikan sesuai golongan umur:

  • 40 – 45 miligram (mg) per hari untuk anak di atas satu tahun.
  • 65 – 90 mg per hari untuk remaja berusia di atas 12 tahun.
  • 75 – 90 mg per hari untuk orang dewasa di atas 18 tahun.

Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Setelah mengetahui besaran vitamin C yang perlu kita konsumsi berdasarkan kelompok usia tertentu. Yuk, simak buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C alami berikut ini agar kebutuhan nutrisi harian kamu terpenuhi:

1. Jambu Biji

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 228,3 mg

Buah tropis berdaging merah muda ini berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan.

Sebuah studi yang melibatkan 45 orang yang muda dan sehat menemukan bahwa makan 400 gram jambu biji yang dikupas per hari, atau sekitar 7 buah buah ini, secara signifikan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total mereka.

2. Kiwi

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 93 mg

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah Kiwi yang kaya vitamin C dapat membantu mengurangi stres oksidatif, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sebuah studi pada 30 orang sehat berusia 20–51 menemukan bahwa makan 2-3 kiwi setiap hari selama 28 hari dapat menurunkan trigliserida sebesar 15%. Ini dapat mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke.

Studi lain pada 14 pria dengan kekurangan vitamin C menemukan bahwa makan dua kiwi setiap hari selama empat minggu meningkatkan aktivitas sel darah putih sebesar 20%. Kadar vitamin C dalam darah menjadi normal setelah hanya satu minggu.

3. Cabai

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 242,5 mg

Selain kaya akan kandungan vitamin C, cabai kaya akan capsaicin, senyawa yang membuat rasa pedas pada cabai. Capsaicin dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan atau inflamasi.

Beberapa bukti juga membuktikan bahwa sekitar satu sendok makan (10 gram) bubuk cabai merah dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak.

4. Paprika

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 242,5 mg

Kandungan vitamin C pada paprika akan lebih meningkat saat matang.

Mengonsumsi vitamin C yang tinggi dalam paprika baik untuk kesehatan mata dan dapat membantu melindungi dari perkembangan katarak.

Sebuah penelitian di lebih dari 300 wanita menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan vitamin C lebih tinggi memiliki risiko perkembangan katarak 33% lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang asupannya rendah.

5. Stroberi

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 59 mg

Stroberi mengandung campuran vitamin C, mangan, flavonoid, folat, dan antioksidan bermanfaat lainnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa karena kandungan antioksidannya yang tinggi, stroberi dapat membantu mencegah kanker, penyakit pembuluh darah, demensia, dan diabetes.