Blog

Bisnis Waralaba yang Menjanjikan

Jenis Bisnis Waralaba yang Menjanjikan Keuntungan – Perkembangan bisnis waralaba memang selalu menarik untuk dibahas apalagi saat sudah membahas soal omzet yang bisa mencapai jutaan rupiah. Hingga kini, bisnis waralaba atau franchise masih banyak dipilih orang yang ingin berbisnis dengan cara relatif lebih praktis.yang telah kita rangkum dalam puchaseonline-prednisone.com

Untuk mulai melakukan bisnis waralaba, seseorang hanya perlu ‘tanam modal’ alias berinvestasi. Dengan begitu, izin lisensi penggunaan brand produk, desain outlet, pasokan bahan baku, standar operasional hingga pelatihan SDM dan promosi outlet akan didapat dari pewaralaba. Kamu bisa menjalankan bisnis dan memasarkan produk sesuai standar yang sudah berlaku.

Hal yang Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Waralaba

Hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis waralaba (Foto: Shutterstock) 
Hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis waralaba (Foto: Shutterstock)

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis waralaba? Berikut adalah hal yang harus kamu perhatikan.

1. Persiapan Dana

Sebelum memulai bisnis waralaba, tentu saja kamu membutuhkan modal yang cukup. Oleh karena itu, dana yang tersedia harus diperhitungkan secara matang. Jika untuk memulai bisnis ini kamu berencana melakukan pinjaman bank, perhitungkan baik-baik sisi plus dan minusnya. Jangan sampai kamu rugi dua kali, tidak balik modal atau bahkan ditagih hutang oleh pihak bank.

2. Survey Lokasi

Sudah ada dana, saatnya mulai mencari lokasi yang strategis. Menentukan lokasi bisa dimulai dari dekat atau tidaknya lokasi bisnis dari domisili tempat tinggal. Ini faktor penting karena kamu akan lebih mudah dijangkau saat ada keperluan mendadak di tempat usaha.

Setelah itu, kamu juga bisa mempertimbangkan dekat atau tidaknya lokasi waralaba dengan sumber bahan baku seperti pasar atau jalan besar. Lokasi yang dekat jalan besar akan memudahkan distribusi bahan baku. Sehingga, kualitas barang yang kamu jual akan selalu terjaga.

3. Tentukan Target Konsumen

Selain menentukan lokasi, kamu juga harus menentukan target konsumen dari produk yang kamu jual nantinya. Pilih waralaba yang tidak hanya disukai satu kalangan. Pastikan juga produk yang ditawarkan terjangkau secara ekonomi. Jangan sampai salah perhitungan karena nantinya justru memberi kerugian.

4. Pantau Pesaing

Hal lain yang patut diperhatikan sebelum memulai bisnis waralaba adalah melihat adanya pesaing di sekitar lokasi. Rezeki memang sudah diatur Tuhan. Namun, kita juga tahu bahwa posisi menentukan prestasi. Jika persaingan tidak dapat dihindari, kamu bisa memilih waralaba yang menawarkan produk lebih variatif dan menarik calon pembeli dibandingkan dengan ‘lapak sebelah’.

5. Cek Reputasi Perusahaan

Terakhir namun tidak kalah penting, kamu juga harus cek secara mendalam soal reputasi perusahaan franchise yang bakal digandeng. Lakukan riset secara mendalam dari sumber beragam. Kamu juga perlu menjalin pertemanan dengan sesama pewaralaba yang sudah berpengalaman di produk yang sama. Sehingga, seluk-beluk bisnis bisa kamu pelajari dengan baik.

10 Jenis Bisnis Waralaba yang Layak Dicoba

Waralaba makanan dan minuman menjadi bisnis waralaba yang banyak dicari (Foto: Shutterstock) 
Waralaba makanan dan minuman menjadi bisnis waralaba yang banyak dicari (Foto: Shutterstock)

Sudah mulai tertarik dengan konsep bisnis waralaba? Kini saatnya kamu mulai mengulik jenis-jenis bisnis waralaba yang ada di Indonesia. Bisnis yang satu ini memang menjangkau berbagai sisi kebutuhan masyarakat sehingga pilihannya sangat banyak.

1. Minuman

Untuk pemula, bisnis waralaba minuman bisa dijajal sebagai langkah awal untuk mencari cuan. Pasalnya, kebutuhan manusia akan air minum apa pun jenisnya tidak akan berhenti. Kamu tinggal mempertimbangkan jenis minuman yang akan dijual.

Jika lokasi berjualan dekat dengan sekolah, kamu bisa memilih bisnis waralaba minuman seperti jus buah segar, susu, atau teh. Jika dekat dengan area kampus atau bahkan kost pegawai kantoran, waralaba minuman yang lebih mahal dan fancy seperti kopi bisa dipilih. Jangan lupa lakukan promosi yang menarik dan kreasi menu di bulan tertentu agar pelanggan selalu penasaran.

2. Makanan

Selain minuman, bisnis waralaba makanan juga akan selalu menguntungkan dan dicari pembeli. Kamu bisa bergabung dengan waralaba ayam goreng tepung yang rasanya paling enak dan cocok di lidah. Bisa juga menjual menu yang disuka hampir semua orang seperti bakmi, bakso, atau soto.

Soal makanan, kamu juga jangan terpaku dengan hidangan lokal. Kini sudah banyak waralaba yang menawarkan menu khusus seperti Korean barbeque, burger dengan keju melimpah, hingga makanan sehat poke bowl yang berisi ikan salmon dan sayuran organik. Pilih yang sesuai dengan pasar dan juga ketertarikanmu sendiri. Ingat, jangan menjual makanan yang kamu sendiri tidak suka untuk memakannya.

3. Camilan

Ngaku, deh, orang Indonesia banyak yang suka ngemil. Untuk kamu yang tidak ingin mengambil risiko tinggi menjual makanan berat, bisnis waralaba camilan layak dicoba. Selain banyak pilihan jenis makanan yang dijual, harganya pun variatif. Sehingga, kamu bisa menyesuaikan dengan daya beli di area sekitar tempat usaha.

Kamu bisa menjajal camilan favorit semua orang seperti martabak manis, kebab, seblak yang level pedasnya bisa dipilih pelanggan atau crepes dengan bermacam topping. Ingin yang beda dari jajanan lain? Kamu bisa memilih bisnis waralaba ayam goreng pedas manis ala Korea atau camilan vegan.

4. Barbershop

Bisnis waralaba barbershop kini semakin dilirik pemilik modal karena peminatnya yang terus meningkat. Para pria juga semakin percaya diri dengan tampilan rambut yang trendi dan terawat. Untuk kamu yang tertarik menjajal bisnis ini, riset mendalam perlu dilakukan agar usaha tidak berhenti di tengah jalan.

Setiap barbershop memiliki konsep unik masing-masing. Pilihlah yang konsepnya paling memenuhi seleramu sebagai pemilik modal. Jangan lupa lakukan survei secara mendalam soal bahan baku dan pemasok produk yang dipakai pihak barbershop mulai dari shampo, pomade, hingga krim perawatan lainnya.

5. Jasa Pengiriman Barang & Logistik

Bisnis online dengan pengiriman barang dagangan via jasa kini sudah menjamur di mana-mana. Jadi, tidak ada salahnya kamu mengincar waralaba jasa pengiriman yang sudah pasti mendulang banyak keuntungan. Cukup manfaatkan rumah sendiri, menyewa kontrakan, atau bahkan ruko untuk memulai usaha.

Selain barang, waralaba jasa pengiriman produk segar juga bisa dijajal untuk mencari cuan. Produk segar seperti sayur, buah, daging, hingga olahan susu biasanya menjadi fokus utama di jasa ini. Jasa pengiriman produk segar saat ini belum memiliki banyak pesaing sehingga patut diperhitungkan

6. Depo Air Isi Ulang

Air isi ulang atau air galon sudah pasti banyak dibutuhkan. Terutama, rumah tangga yang tidak menggunakan air PAM atau air tanah untuk memasak. Bisnis ini memanfaatkan galon kosong dari produk air mineral yang sudah ada sehingga membutuhkan beberapa mesin penting untuk sterilisasi dan pengisian.

Dilihat dari pendapatan, waralaba ini hampir tidak akan pernah ‘mati’ karena air bersih selalu dibutuhkan. Sebagai penanam modal, kamu wajib memantau kebersihan serta kecepatan kurir dalam mengantar air ke rumah konsumen. Sekali jadi pelanggan maka keuntungan akan terus mengalir.

7. Laundry

Harus diakui, bisnis laundry memang memiliki pasar yang menjanjikan. Terutama jika laundry yang sudah terwaralaba, kualitas dan mutu pengerjaan akan lebih dipercaya konsumen. Jika kamu tertarik menanam modal di bisnis ini, perhatikan brand perusahaan dengan lokasi.

Jika kamu membuka usaha di area kost mahasiswa atau karyawan, pilihlah waralaba laundry yang harganya terjangkau dan cepat pengerjaannya. Semakin murah tentu semakin baik dan mengundang konsumen. Sebaliknya, jika kamu membuka usaha di area perumahan, layanan laundry menengah ke atas yang menjangkau segala macam barang patut dicoba.

8. Spa

Bisnis waralaba lain yang patut dijajal untuk para pemula adalah spa. Jasa perawatan tubuh ini banyak macamnya dan tidak hanya menjangkau wanita saja. Kini, spa khusus untuk bayi, suami-istri, hingga keluarga pun tersedia dengan penawaran menggiurkan.

Untuk bisnis yang satu ini, reputasi dari waralaba sangat penting. Pasalnya, spa berhubungan langsung dengan pengalaman dan kenyamanan konsumen. Sebelum memutuskan untuk tanam modal, lakukanlah survei secara mendalam bagaimana spa incaranmu dalam memperlakukan konsumen. Cek juga semua produk perawatan yang dipakai serta prosedur lainnya.

9. Salon Khusus Wanita

Industri kecantikan saat ini sudah merambah ke banyak sisi, termasuk salon yang dibuat khusus untuk wanita. Waralaba salon ini sangat diminati terutama oleh wanita yang menggunakan jilbab. Selain memberikan perawatan secara privat, layanan yang ditawarkan juga tidak kalah dengan salon umum sehingga salon ini tidak mungkin sepi peminat.

Jika kamu tertarik menjajal bisnis ini, pastikan salon berada di lokasi strategis dan banyak dilalui orang sehingga pelanggan akan terus berdatangan. Pilih salon yang memiliki konsep pelayanan dan perawatan yang jelas, tidak hanya asal bagus dilihat. Maksimalkan berbagai promo yang ditawarkan agar cuan semakin cepat datang.

10. Apotek

Jika diperhatikan, sejak dulu apotek selalu berlokasi di area yang tidak jauh dari rumah sakit. Hal ini dimaksudkan agar pasien dapat dengan mudah membeli obat yang dibutuhkan. Kini, apotek yang buka selama 24 jam semakin mudah ditemukan. Masyarakat yang membutuhkan obat dalam waktu cepat pun semakin mudah tertolong.

Meski waralaba, apotek yang buka selama 24 jam ini tidak sembarangan dalam menjalankan bisnis. Semua obat-obatan dipasok langsung dari pusat. Karyawan yang bekerja di apotek juga harus melalui proses pelatihan selama beberapa bulan.