Blog

Berikut Pentingnya Peranan Editor Bagi Seorang Penulis

Berikut Pentingnya Peranan Editor Bagi Seorang Penulis

Berikut Pentingnya Peranan Editor Bagi Seorang Penulis – Penulis adalah sebutan bagi orang yang melakukan pekerjaan menulis, atau menciptakan suatu karya tulis. Menulis adalah kegiatan membuat huruf menggunakan alat tulis di suatu sarana atau media penulisan, mengungkapkan ide, pikiran, perasaan melalui kegiatan menulis, atau menciptakan suatu karangan dalam bentuk tulisan.

Karya tulis bisa berupa karya tulis ilmiah: penelitian, makalah, jurnal; tulisan jurnalistik: artikel, opini, feature; sastra atau fiksi (termasuk prosa, novel, cerpen, puisi). Format tulisan penerbit berupa media cetak:buku, majalah, tabloid, koran; media daring / internet: situs web, blog; media jejaring sosial: Facebook, Twitter, Google plus dan sebagainya. Tak ada satu macam pekerjaanpun yang tidak melibatkan kerja sama dengan orang lain, bahkan seorang penulis pun membutuhkan sosok editor untuk bekerja sama dengannya.

Meski tak begitu tampak menonjol di publik dibanding penulis, namun sebenarnya seorang editor justru memiliki banyak IDN Poker 777 peranan penting terhadap karya tulis yang diterbitkan, lho Yang mana peran penting editor bagi seorang penulis sama sekali gak bisa dianggap sepele, lalu seperti apa sajakah itu?

1. Memastikan tulisan mematuhi ketentuan
5 Peran Penting Editor Bagi Seorang Penulis, Gak Bisa Dianggap Sepele

Di tempat manapun karya tulismu diterbitkan, entah itu di website, penerbit, atau bahkan platform lain pastinya ada ketentuan dan aturan yang berlaku. Dan perihal ini, editorlah yang bertanggung jawab untuk memastikan suatu tulisan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau tidak.

Peran ini sangat penting, lho! Karena kalau sampai suatu tulisan diterbitkan sembarangan dan menyinggung pihak tertentu, ras, agama, maka bisa menimbulkan masalah nantinya.

2. Memberi masukan yang membuat seorang penulis berkembang
5 Peran Penting Editor Bagi Seorang Penulis, Gak Bisa Dianggap Sepele

Mungkin kelihatan simple banget, tapi percayalah bahwa penulis dan editor memang harus membangun kerja sama yang baik. Sebab editor dapat melihat kekurangan dan juga potensi dari sebuah tulisan yang bahkan tak disadari oleh penulisnya sendiri. Tanpa adanya editor maka penulis pun jadi sulit untuk berkembang.

3. Membantu penulis memperbaiki typo dan kekurangan yang tidak disadari
5 Peran Penting Editor Bagi Seorang Penulis, Gak Bisa Dianggap Sepele

Membantu penulis untuk memperbaiki typo dan kekurangan yang tidak didasari juga merupakan salah satu peran penting seorang editor yang gak bisa disepelekan. Semua penulis pasti mengalaminya, yaitu ketika saking semangatnya menulis sampai tidak memperhatikan bahwa ada ejaan yang salah atau bahkan pemakaian kata yang kurang tepat.

Nah, editorlah yang kemudian memperbaiki dan membuat tulisan menjadi lebih rapi sebelum diterbitkan.

4. Tanpa editor, tulisan yang terbit bisa berantakan!
5 Peran Penting Editor Bagi Seorang Penulis, Gak Bisa Dianggap Sepele

Percaya atau tidak, editor sangat berperan dalam mengatur dan memastikan bahwa tulisanmu yang terbit nyaman untuk dilihat para pembaca. Sehingga peran editor bagi penulis sama sekali gak bisa dianggap sepele, sebab pembacamu merasa nyaman dalam membaca tulisanmu juga ada jasa dari editor di dalamnya.

5. Bersikap objektif dalam memilih tulisan yang berkualitas dan layak terbit
5 Peran Penting Editor Bagi Seorang Penulis, Gak Bisa Dianggap Sepele

Tulisan-tulisan yang layak diterbitkan tentunya harus memenuhi standar, dan editor memastikan bahwa karya tulis yang ia terbitkan memang layak dengan standar tersebut. Dengan kata lain seorang penulis pun jadi belajar dan memahami standar yang baik untuk tulisannya, dan menjaga kualitas setiap karyanya.

Editor memang tidak begitu menonjol dibanding penulis, namun jasa dan peran pentingnya yang seperti di atas tadi tentu tak bisa disepelekan. Karena editorlah yang membantu seorang penulis untuk bisa terus berkembang.

Padanan istilah penulis adalah pengarang, penggubah, prosais, pujangga,  sastrawan.  Berpadan kata pula dengan pencatat, carik (Jawa), dabir (arkais), juru tulis, katib  (Arab),  kerani, klerek (arkais), panitera, sekretaris, setia usaha. Pelukis dan penggambar kadang kala juga dimasukkan sebagai padan kata penulis.

Tagged , ,